VIDIANI, EKA (2024) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM KULINER DI PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSERUJUAN UNGGAHAN KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (257kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (660kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Orientasi kewirausahaan menjadi kunci utama meningkatkan performa pemasaran suatu UMKM kuliner. UMKM kuliner yang dipimpin indivdu yang memiliki orientasi wirausaha cenderung memiliki visi yang terdefnisi. Pendekatan kewirausahaan diakui sabagai metode inovatif dalam kinerja yang suatau UMKM kuliner, dianggap sebagai pionir dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan tingkat daya saing yang tinggi. Motivasi berwirausaha dapat diartikan sebagai dorongan atau energi internal yang mendorong individu untuk menjaga semangatkewirausahaan dalam setiap tindakannya. Orang memiliki tingkat motivasi kewirausahaan yang cenderung lebih mungkin menjadi penguusaha. Motivasi menjadi salah satu elemen kunci dalam kesuksesan bisnis kecil karena memiliki dampak langsung pada kinerja bisnis. Kinerja bisnis UMKM kuliner mencerminkan tingkat pencapaian hasil kerja suatu dalam menjalankan kegiatan dan usahanya. Sebuah industry atau usaha dapat didefinisikan sebagai sekelompok perusahaan yang mengahasilkan barang atau jasa serupa yang bersifat saling menggantikan. Hubungan langsung antara pemasaran kewirausahaan akan berdampak pada hasil penjualan yang dapat dicapai oleh subjek penelitian ini merupakan pelaku ”UMKM kuliner” dikabupaten Ponorogo. Pelaku UMKM kuliner dipilih menjadi subjek penelitian karena memenuhi syarat untuk mengikuti survey penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data kuantitaif. Data yang digunakan data primer dengan menggunakan instrument kuesioner pada pelaku UMKM kuliner di kabupaten Ponorogo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena memunkinkan konversi data dalam bentuk angka yang dapat dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini mengungkapkan hasil uji menyatakan proaktif belum memberikan dampak signifikan dan inovatif, berani mengambil resiko,motivasi berwirausaha memiliki pengaruh signifikan pada kinerja bisni UMKM kuliner.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proaktif,inovatif, berani mengambil resiko,motivasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Economic |
Depositing User: | fe . userfe |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14469 |
Actions (login required)
View Item |