IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK WARGA GLOBAL (STUDI ANALISIS DI SMA NEGERI 3 PONOROGO)

Setyawan, Rudi (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK WARGA GLOBAL (STUDI ANALISIS DI SMA NEGERI 3 PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERNYATAAN UNGGAH KARYA)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (264kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (845kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rudi Setyawan. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Proyek Warga Global (Studi Analisis di SMA Negeri 3 Ponorogo). Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Dr.Sutrisno M.Pd. Pembimbing II Ambiro Puji Asmaroini M.Pd. Penelitian ini bertujun untuk : (1) mengetauhi implementasi Projek Penguatan Profil menggunakan Model Pembelajaran Proyek Warga Global Di SMA Negeri 3 Ponrogo. (2) mengetauhi hasil belajar dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Proyek Warga Global Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix method) dengan urutan kualitatif kemudian kuantitatif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Angket, Dokumentasi, Wawancara. Teknik analisis data penelitian ini untuk kualitatif menggunakan reduksi data,penyajian data,penarikan kesimpulan dan untuk kuantitatif menggunakan SPSS dengan skala likert. Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Proyek Warga Global dapat dilakukan melalui 3 aspek tahapan yakni perencanaan dengan guru membuat menentukan tema yang akan dikembangkan,menyusun jadwal proyek dan membagi kelompok yang akan dikembangkan, sedangkan untuk pelaksanaan dengan peserta didik mengerjakan lembar kerja proyek ,membuat proyek dan langsung melakukan eksekusi dilapangan, serta mempersentasikan di kelas, sedangkan evaluasi yaitu guru melakukan penilaian secara langsung. (2) Hasil Belajar P5 melalui Model PjWL sangat efektif atau memperoleh hasil sangat baik hal ini dapat dilihat dari laporan projek dengan rata-rata nilai 100% dan respon peserta didik sangat tertarik menggunakan model pembelajaran PjWL dengan skor 88,90 %. Implikasi penelitian ini diharapkan pendidik dapat membantuk mengembangkan nilai-nilai projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui progam-progam kegiatan dengan menggunakan Model Pembelajaran PjWL dengan kolaboratif dan konsisten. Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,Proyek Warga Global.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,Proyek Warga Global
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:54
Last Modified: 26 Aug 2024 05:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14646

Actions (login required)

View Item View Item