Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) Dalam Lingkup Sekolah Inklusi di MIT Al-Madinah Ponorogo

Nauroh Afifah, Hana Tsania (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) Dalam Lingkup Sekolah Inklusi di MIT Al-Madinah Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAJH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA SKRIPSI.pdf

Download (245kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKIRPSI-FULL TEXT)
SKRIPSI-20150422-FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Autis merupakan gangguan yang dialami anak semasa pertumbuhan pada sistem saraf otak. Hal ini yang menyebabkan anak autis memiliki ciri khas yaitu kesulitan dalam komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Disamping itu paradigma masyarakat masih memandang anak sebagai anak tidak normal dan harus dijauhi. Dalam mewujudkan pemberian hak pendidikan yang adil dan tanpa diskriminasi pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menyelenggarakan pendidikan inklusi sebagai salah satu solusi upaya memasukan anak autism ke sekolah regular untuk mendapatkan hak pendidikan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk: a) mengetahui dan mendeksripsikan bagaimana perencanaan implementasi profil pelajar Pancasila pada anak autism, b) pelaksanaan implementasi profil pelajar Pancasila pada anak autism dan c) hasil dari implementasi profil pelajar Pancasila bagi anak autism. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dimana dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bermaksud untuk memahami, mendalami dan menjelaskan peristiwa, kegiatan dan tingkah subjek yang berkaitan dengan impelemtasi profil pelajar Pancasila pada anak autism. Hasil temuan dari penelitian dapat diketahui bahwa: a) perencanaan implementasi profil pelajar Pancasila pada anak autism dalam lingkup sekolah inklusi di MIT Al-Madinah melalui tahap screening dan observasi yang dilakukan guru kepada peserta didik. Dari kedua tahap tersebut dimanfaatkan guru membuat bahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dimodifikasi untuk kebutuhan peserta didik. b) tahap pelaksanaan implementasi profil pelajar Pancasila pada anak autism dilaksanakan melalui pembiasaan keagamaan dan metode contoh keteladanan. c) hasil pelaksanaan implementasi profil pelajar Pancasila pada anak autism berdampak pada peningkatan kemampuan komunikasi anak pada guru, interaksi sosial dengan temannya dan peningkatan intelektual peserta didik dalam memahami pelajaran agama.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Anak Autism, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:14
Last Modified: 28 Aug 2024 04:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item