PENGARUH PENATAAN FORMASI TEMPAT DUDUK LATER “U” TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO

Anggraina, Yulia Angga (2024) PENGARUH PENATAAN FORMASI TEMPAT DUDUK LATER “U” TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (1MB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1 .pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
9. Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
10. Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Anggraina, Yulia Angga.2024. Pengaruh Penataan Formasi Tempat Duduk Later U Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi Program Strata Satu (S1) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Anip Dwi Saputtro, M.Pd. (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd Kata Kunci: Formasi Tempat Duduk Later U, Efetivitas Pembelajaran, Bahasa Indonesia Formasi tempat duduk later U merupakan bentuk tempat duduk yang apabila dilihat dari atas akan berbentuk huruf U. Efektivitas pembelajaran dapat diukur dengan melihat aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, bagaimana siswa menanggapi materi, dan tingkat penguasaan konsep siswa, jika siswa tersebut dapat memahami pembelajaran dengan baik dan bisa menanggapi materi pelajaran dengan baik pula serta menapatkan hasil yang memuaskan, prosem pembelajaran tersebut bisa dikatakan efektif. Bahasa Indonesia ialah suatu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh setiap jenjang pendidikan, dan juga pembelajaran bahasa Indonesia ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif dan tepat dalam bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapakah signifikan pengaruh penataan tempat duduk later “U” terhadap efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Ponorogo dan adakah perbedaan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan formasi tempat duduk later “U” siswa kelas IV di SD Muhammadiyah ponorogo. Penelitian ini difokuskan kepada penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV Sidiq, Fathanah dan Tabligh Sekolah Dasar Muhammadiyah Ponorogo tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik non-probability sampling, peneliti menggunakan teknik yang berjenis purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan uji t diketahui nilai rata-rata pre-test 71,18 atau 71,18 % setelah dilakukan post-test 95,04 atau 95,04 % sehingga peningkatannya sebesar 23,86 atau 23,86 %. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 89,29 sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 95,04, sehingga dari analisis data akhir diperoleh thitung = 2,861 sedangkan ttabel = 2,004, karena nilai thitung > ttabel maka signifikansi dan hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga hasilnya ialah “adanya perbedaan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa ketika sebelum dan setelah memakai formasi tempat duduk later U”.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Formasi Tempat Duduk Later U, Efetivitas Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:00
Last Modified: 30 Aug 2024 06:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item