HUBUNGAN KEBUTUHAN PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-6 TAHUN Di TK PKK dan PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

ALFIAH, ALFIAH (2015) HUBUNGAN KEBUTUHAN PSIKOSOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-6 TAHUN Di TK PKK dan PGRI Desa Kedung Banteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPPAN.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1-7.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Pertumbuhan merupakan masa diletakkannya pola-pola dasar perilaku individu. Berbagai aspek perkembangan tidak terjadi secara terpisah dan sendiri-sendiri melainkan saling mempengaruhi antara satu aspek dengan aspek yang lain. Diperlukan peran orang tua untuk memberikan stimulasi atau kebutuhan untuk menunjang perkembangan anak, salah satunya dengan memberikan kebutuhan psikososial, karena dengan pemberian kebutuhan psikososial pada anak dapat mencegah penyimpangan tumbuh kembang pada anak bahkan gangguan menetap. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui ada hubungan atau tidak antara kebutuhan psikososial dengan perkembangan anak usia 3-6 tahun. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi TK PKK dan PGRI Desa Kedung banteng yang berjumlah 43 responden. Teknik sampling menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan KPSP dalam tabel distribusi frekuensi dan tabulasi. Dari penelitian terhadap 43 responden terdapat hasil bahwa hasil bahwa sebagian besar atau 24 (55,83%) responden mengalami perkembangan normal ketika kebutuhan psikososial yang diberikan oleh orang tua positif. Sedangkan hampir setengahnya 19 (44,17%) responden mengalami perkembangan yang meragukan sampai menyimpang ketika kebutuhan psikososial yang diberikan oleh orang tua negatif. Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti tentang pengaruh stimulasi psikososial terhadap perkembangan anak. Kata Kunci : Perkembangan, Kebutuhan Psikososial, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 11 Dec 2015 03:19
Last Modified: 11 Dec 2015 03:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item