RUSMI, RUSMI (2015) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI UTERAN 01 TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (802kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam dan Metode STAD Kenyataan dewasa ini menunjukkan bahwa dalam bidang pendidikan kita masih menghadapi masalah, yaitu masih rendahnya kualitas keluaran yang dihasilkan. Demikian pula dalam proses pembelajaran di kelas. Guru sering menghadapi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, yang turut mempengaruhi prestasi dalam belajar yang juga rendah. Kenyataan lain juga menunjukkan bahwa metode mengajar guru dalam kelas cenderung monoton dan tidak bervariasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui pembelajaran PAI di metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V di SD Negeri 01 Uteran Geger Madiun tahun pelajaran 2014/ 2015, (2) untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode Kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri 01 Uteran Geger Madiun tahun pelajaran 2014/ 2015, (3) untuk mengetahui kendala dan solusi penerapan metode Kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan Mengenal Kitab-kitab Allah siswa kelas V SD Negeri 01 Uteran Geger Madiun tahun pelajaran 2014/ 2015. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Uteran Geger Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 19 anak dengan rincian 6 siswa dan 13 siswi.Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 01 Uteran Kabupaten Madiun berjalan dengan baik tetapi masih belum banyak menerapkan berbagai metode dan model pembelajaran sehingga terlihat semangat dan prestasi belajar siswa belum meningkat, (2) metode Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep dan nilai siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 01 Uteran Kabupaten Madiun dengan hasil siklus I: 63,32%, siklus II : 65,37%, siklus III: 70.63%, (3) kendala penerapan metode tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain : guru belum begitu trampil dalam penggunaanya, memerlukan waktu panjang, perencanaan harus lebih matang dan sebagainya. Adapun solusinya adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya dengan metode tipe STAD ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:07 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:07 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1651 |
Actions (login required)
View Item |