BONASIR, BONASIR (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH (Studi Lapangan di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah. Sekolah merupakan pusat pendidikan kedua setelah keluarga. Di sekolah anak diajarkan pendidikan yang menyangkut 3 aspek yang mendasar pada diri anak yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga aspek ini merupakan suatu hal yang pertama dan utama dalam membentuk manusia yang unggul di dalam hidup. Berlatar belakang masih banyaknya peristiwa-peristiwa yang menyangkut budi pekerti atau moral peserta didik, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Lapangan di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di sekolah, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter, serta hasil implementasi pendidikan karakter terhadap sikap siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Temuan pokok penelitian adalah (1) Implementasi pendidikan karakter di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo selayaknya sekolah pada umumnya, yaitu menggunakan Silabus, Program Tahunan, Program Persemester dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Perencanaan pendidikan karakter dilaksanakan pada awal tahun, dengan menyamakan frame atau bingkai materi untuk semua Guru/ Ustadz, selanjutnya merupakan tugas masing-masing guru untuk mengembangkannya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. (2) faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah adalah semua kegiatan pembelajaran di sekolah, tenaga pendidik yang masih muda dan berenerjik, dan adanya kontrol yang baik dari yayasan. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah adalah masalah pribadi pada siswa, yaitu ada sebagian siswa yang orang tuanya bekerja di luar negeri, sehingga mempengaruhi mental siswa di sekolah. (3) Hasil implementasi pendidikan karakter di sekolah sudah bagus, aspek nilai-nilai karakter yang tertanan pada diri siswa yaitu nilai kedisiplinan siswa, kejujuran siswa dan nilai tanggungjawab siswa di sekolah. Dalam nilai kedisiplinan siswa selalu tertib dan disiplin dalam kegiatan kebersamaan di sekolah, dan memiliki perasaan malu apabila tidak tertib. Dalam nilai kejujuran siswa berani mengakui apabila melakukan sebuah kesalahan, dan itu merupakan bentuk sikap nilai tanggungjawab yang semua itu sudah tertanan dalam diri siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:26 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1655 |
Actions (login required)
View Item |