IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL- QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO

Styaningrum, Retno (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL- QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
g. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
i. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Globalilasi yang terjadi di Indonesia berdampak pada krisis moral bangsa. Fenomena ini menyebabkan kemerosotan karakter anak bangsa. Pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia saat ini dirasakan mendesak. Gambaran situasi masyarakat bahkan situasi dunia pendidikan di Indonesia menjadi motivasi pokok (mainstreaming) implementasi pendidikan karakter. Dunia pendidikan harus memberi peran penting dalam menangkal dekadensi moral bangsa. Salah satu upaya membentuk manusia yang arif dan berkualitas adalah dengan menyiapkan generasi muda dan membentuk kepribadian mereka dengan Al-Qur’an. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahuai: (a) konsep pendidikan karakter perspektif Al-Qur’an, (b) implementasi pendidikan karakter perspektif Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan, (c) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter perspektif Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan field research. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan metode reduksi data, penyajian data (Data Display), verifikasi (Conclusion Drawing). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triagulasi, yaitu triagulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) konsep pendidikan karakter perspektif Al-Qur’an dapat ditemukan melalui tiga dimensi akhlak yang harus diaktualisasikan dalam diri manusia yaitu: akhlak kepada Allah (kecerdasan spiritual), akhlak terhadap diri sendiri (kecerdasan emosional), akhlak terhadap makhluk Tuhan yaitu manusia dan lingkungan (kecerdasan sosial). Konsep pendidikan karakter dalam Al-Qur’an tercermin dari tingkah laku/perangai nabi Muhammad saw. yang dijadikan sebagai teladan yang ideal (uswatun hasanah). (2) Implementasi pendidikan karakter perspektif Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang bersumber dari agama, pancasila, dan dinas pendidikan yang diaktualisasikan melalui kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas, yaitu melalui: (a). Kegiatan belajar mengajar (KBM), (b). Budaya madrasah yaitu melalui metode keteladanan (uswah) dan pembiasaan, (c). Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter persektif Al-Qur’an ada dua, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antara lain: (a). Guru-guru tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten dan berkualitas, (b). Siswa yang memiliki niat dan kemauan untuk menjadi pribadi yang berkarakter unggul dan baik, (c). Kurikulum yang memuat pendidikan karakter yang menunjang terbentuknya karakter pada diri siswa, (d). Budaya madrasah yang mendukung tercapainya program pendidikan karakter, (e). Lingkungan tempat berinteraksi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain : (a). Latar belakang siswa yang majemuk dan sumber daya manusia (SDM) siswa yang berbeda-beda, (b). Kurangnya kerjasama antara pihak madrasah dan orangtua di rumah. (c). Terdapat beberapa guru yang kurang profesional dalam membagi antara waktu jam mengajar dan waktu tugas di luar jam mengajar, (d). Lingkungan tempat anak tumbuh. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, perspektif Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 11 Apr 2016 04:19
Last Modified: 11 Apr 2016 04:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item