FAISHAL FAKHRI, MUHAMMAD (2016) STRATEGI PENYIARAN RADIO KOMUNITAS GELORA MUDA (GARDA) FM PONOROGO DALAM MEMPEROLEH PENDENGAR (Studi di Radio Komunitas Gelora Muda (Garda) FM Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (596kB) | Preview |
Abstract
Radio dalam bidang komunikasi dan informasi sangatlah penting, apalagi dengan didirikannya radio komunitas. Pemerintah memberikan peluang kepada seluruh warga Negara untuk ikut berperan didalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan dikeluarkannya UU No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, muncul pengakuan dari Pemerintah bahwa radio komunitas memiliki arti penting guna penguatan di bidang informasi dan komunikasi. Pada umumnya radio komunitas dikelola oleh warga setempat, dari pengisi siaran hingga narasumbernya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi penyiaran yang dilakukan oleh manajemen radio komunitas Gelora Muda (Garda) FM Ponorogo dalam memperoleh pendengar. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi penyiaran radio komunitas Gelora Muda (Garda) FM Ponorogo dalam memperoleh pendengar. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan objek penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa upaya radio Gelora Muda (Garda) FM dalam memperoleh pendengar melalui compatibilty, habit formation, control of audience flow, conservation of program resources, mass apple, programming. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung serta menghambat strategi penyiaran yang telah direncanakan. Faktor pendekungnya adalah program-programnya di sesuaikan dengan kondisi yang ada di masyarakat serta mempunyai format tersendiri dibandingkan dengan radio komunitas lain, yaitu formatnya seni dan budaya yang menjunjung tinggi kearifan lokal. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya persaingan media, baik media elektronik maupun cetak. Serta jarak jangkau yang terbatas. Kata kunci : Strategi Penyiaran, Meningkatkan Jumlah Pendengar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
Depositing User: | Editor FISIP |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 04:58 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 04:58 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
View Item |