PENANGGULANGAN KENAKALAN PELAJAR MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (STUDI DESKRIPTIF DI MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG JENANGAN PONOROGO)

ROSYADI, KHAFIDZ (2016) PENANGGULANGAN KENAKALAN PELAJAR MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (STUDI DESKRIPTIF DI MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG JENANGAN PONOROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (646kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Penanggulangan, Kenakalan, Pendidikan Kewarganegaraan Persoalan Pelajar selamanya hangat dan menarik, baik di negara yang telah maju maupun di negara terbelakang, terutama negara yang sedang berkembang. Karena pelajar adalah masa peralihan, seseorang telah meninggalkan usia anak-anak yang penuh kelemahan dan ketergantungan tanpa memikul sesuatu tanggung jawab, menuju kepada usia dewasa yang sibuk dengan tanggung jawab penuh. Usia remaja adalah usia persiapan untuk menjadi dewasa yang matang dan sehat. Kegoncangan emosi, kebimbangan dalam mencari pegangan hidup, kesibukan mencari pegangan hidup, kesibukan mencari bekal pengetahuan dan kepandaian untuk menjadi senjata dalam usia dewasa merupakan bagian yang dialami oleh setiap pelajar. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang dibahas adalah bagaimana usaha-usaha untuk penanggulangan kenakalan pelajar di MTs muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi kenakalan pelajar di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dimana peneliti melakukan wawancara terhadapKepala Sekolah, Guru BP dan siswa-siswi kemudian mengamati kegiatan yang dilakukan, dan mengumpulkan bahan dokumentasi yang dianggap mampu dalam mendukung penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan data reduction, data, display, dan conclusion. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa bentuk kenkalan pelajar di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yaitu bukan kenakalan yang bertindak kriminal,akan tetapi kenakalan seperti membolos,pulang lebih awal,datang terlambat dan merokok dilingkungan sekolah. Usaha untuk penanggulangan kenakalan pelajar melalui Pendidikan Kewarganegaraan yaitu pemanggilan siswa melalui orang tua memberikan arahan menggunakan cara memberikan sanksi tegas yaitu menghafal ayat surat suci al-quran surat-surat pendek dan ada juga dieberikan hukuman bersih-bersih di lingkungan sekolah. Berdasarkan dari penelitian ini, disarankan agar orang tua memberikan bimbingan kepada anak-anaknya agar tidak hanya dibangku sekolah saja untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Apr 2016 01:43
Last Modified: 08 Apr 2016 01:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item