Puji Rahayu, Triana (2016) GAMBARAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT Dr. HARJONO PONOROGO Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Harjono Ponorogo Jalan Raya Pacitan Pakunden Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Keadaan gawat darurat bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja, kondisi ini menuntut kesiapan dan kesigapan petugas kesehatan untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Manajemen pertolongan keadaan gawat darurat pada area tersebut masih kurang maksimal, khususnya di ruang Instalasi Gawat Darurat diharapkan dapat meningkatkan kesigapan serta ketepatan dalam bertindak untuk mencegah terjadinya kecacataan atau kesakitan yang lebih parah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan gambaran standar pelayanan minimal instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Dr. Harjono Ponorogo. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi seluruh indikator pelayanan gawat darurat yang berjumlah 8 indikator. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling, pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan 2 indikator yang tidak sesuai, yaitu indikator tenaga kesehatan yang bersertifikat ACLS/BTLS/ATLS/PPGD yang masih berlaku dengan presentase 85,71% dan indikator kepuasan presentasenya 42,31% menyatakan puas. Kedua hasil tersebut tidak sesuai dengan standar berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 pada indikator tenaga kesehatan yang bersertifikat seharusnya 100% dan kepuasan pelanggan ≥70%. Sedangkan 6 (enam) indikator sudah sesuai standar. Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, direkomendasikan menindaklanjuti penelitian tentang hubungan pemenuhan standar minimal pelayanan gawat darurat dengan jumlah kunjungan. Kata kunci :Gambaran, Standar Pelayanan Minimal, Instalasi Gawat Darurat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3 |
Depositing User: | Editor FIK |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 02:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 02:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2266 |
Actions (login required)
View Item |