HUDA, NURIL (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VII M.Ts. AL MADANI GROGOL SAWOO KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
halaman depan.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
trategi The Power of Two merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang memperkuat hubungan antara anggota kelompok. Strategi pembelajaran ini membantu siswa yang rumahnya terpencar dan terpencil dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan pembelajaran Al-Qur’an dengan pertolongan salah satu temannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VII M.Ts Al Madani Grogol Sawoo Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan strategi belajar The Power of Two. Metode Penelitian yang digunakan penulis yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas merupakan jembatan untuk mengatasi berbagai masalah kekurangan penelitian di bidang pendidikan pada umumnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Ada peningkatan perhatian dan minat belajar Al-Qur’an Hadits melalui penerapan strategi belajar The Power of Two pada siswa Kelas VII M.Ts Al Madani Grogol, Sawo, Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Penerapan strategi belajar The Power of Two dapat menumbuhkan perhatian dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa yang disertai dengan perhatian intensif akan lebih sukses dan berprestasi. Minat siswa terhadap pelajaran juga banyak pengaruhnya terhadap keberhasilan belajarnya. 2) Penggunaan strategi belajar The Power of Two terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi tajwid mata pelajaran AlQur’an Hadits materi pokok Idzhar Halqi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII M.Ts Al Madani Grogol, Sawo, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015/2016. Penggunaan strategi belajar The Power of Two dalam pembelajaran mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih mudah dalam mengajar. Pada pra siklus yang menggunakan metode ceramah, ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu 47,06%. Adapun pada siklus I dan II yang menggunakan strategi belajar The Power of Two, menunjukkan peningkatan yang lebih baik yaitu 58,62% pada siklus I dan 94,12% pada siklus II. Peningkatan ini juga didukung oleh nilai rerata yang naik dari 56,50 pada pra siklus dan menjadi 71,29 pada siklus II atau ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,79 poin. Kata Kunci: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits, The Power of Two
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 06:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 06:06 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2424 |
Actions (login required)
View Item |