INTAN CAHYANTI, ANDIKA (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SDN GEDANGAN I KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN ( TINJAUAN KECERDASAN EMOSIONAL ). Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (811kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa, Tinjauan Kecerdasan Emosional Pendidikan merupakan kebutuhan bagi semua anak seusia sekolah karena pendidikan juga berfungsi untuk melatih kecerdasan seeorang baik dari akal, emosional, dan spiritual serta mengarahkan ke hal yang lebih baik. Kecerdasan emosional anak harus dilatih sejak dini karena kecerdasan emosional dapat membentuk kepribadian dan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus membahas bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Gedangann I Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam ditinjau dari kecerdasan emosional siswa, dan untuk mengetahui kendala dan hambatan pembelajaran pendidikan agama Islam siswa yang ada di lembaga sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek kajian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Pendekatan yang di gunakan adalah analisa data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya sampai penuh. Aktifitas dalam analisis data meliputi data reducation, data display, dan concluvison. Selain itu juga menggunakan pendekatan empiris dan teoritis. Pendekatan teoritis dimaksudkan bagaimana pendekatan – pendekatan penulis mengemukakan teori yang dikemukakan oleh para ahli dengan berpijak pada literatur yang ada. Sedangkan pendekatan empiris pendekatan dimana penulis kemukakan dengan kesimpulan dari obyek penelitian dengan mengguanakan metode pengumpulan data antara lain: wawancara, dokumentasi, dan obsevasi Dari hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam ditintau dari kecerdasan emosional adalah: a). Di sekolah selain materi yang diberikan pelajaran praktek serta nasihat juga diberikan. Karena dengan pemberian nasihat dan praktek langsung siswa akan jelas dan lebih paham dan menjaga sikapnya dalam segala hal perlahan-lahan kecerdasan emosional mereka akan terbentuk, b). Di rumah pemberian nasihat, hukuman, pemberian tanggung jawab dan kebebasan sebagai bentuk kemandirian dari anak. Hukuman kepada anak harus dpertimbangkan jangan membuat anak akan merasa ketakutan dan dapat membunuh karakter siswa, c). Di luar lingkungan dapat terjadi dengan adanya kejadian-kejadian yang sedang berlangsung dan dari situlah anak dapat berfikir tentang apa yang harus dia lakukan serta bagaimana sikap mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 02:32 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2451 |
Actions (login required)
View Item |