STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA “MADIUN UMBUL SQUARE” DI DESA GLONGGONG KABUPATEN MADIUN DALAM MEMBIDIK WISATAWAN DOMESTIK

SHELA RETNO PUTRI, ARINDA (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA “MADIUN UMBUL SQUARE” DI DESA GLONGGONG KABUPATEN MADIUN DALAM MEMBIDIK WISATAWAN DOMESTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (955kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Madiun Umbul Square adalah salah satu obyek wisata di wilayah Madiun Selatan tepatnya di jalan Pesanggrahan Umbul Desa Glonggong Kabupaten Madiun. Obyek wisata ini dulu bernama Loji Umbul yang dulu pernah menjadi ikon dan tujuan utama wisata masyarakat Kota dan Kabupaten Madiun, tetapi sempat meredup pamornya ketika dikelola oleh pihak swasta. Pada tahun 2013 Umbul resmi dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Madiun Umbul Square dalam membidik wisatawan domestik dan mengetahui efektivitas strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Madiun Umbul Square. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu informan meliputi informan dari pihak Madiun Umbul Square serta informan dari wisatawan domestik yang berkunjung. Langkah-langkah analisa data yaitu menggunakan analisa data model interaktif dari Huberman dan Miles meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan yaitu bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung. Periklanan yang utama dilakukan melalui undangan survei, brosur, serta MOU, media cetak, media elektronik, media luar ruangan juga digunakan untuk beriklan. Promosi penjualan dilakukan dengan mengikuti pameran, hubungan masyarakat dikemas dengan event musik, budaya, edukasi satwa, penjualan personal dilakukan dengan presentasi, bertemu langsung, dari mulut ke mulut, pemasaran langsung dilakukan melalui media sosial. Yang paling efektif dari semua unsur bauran pemasaran yaitu penjualan personal yang dilakukan secara tatap muka, presentasi, dari mulut ke mulut. Yang tidak efektif pemasarn langsung melalui media sosial. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, Madiun Umbul Square dalam membidik wisatawan domestik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:43
Last Modified: 19 Oct 2016 06:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item