PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR AKADEMIK MAHASISWA PROGAM STUDI MANAJEMEN TAHUN AKADEMIS 2013/2014 (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO)

Norma Santi, Kartika (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR AKADEMIK MAHASISWA PROGAM STUDI MANAJEMEN TAHUN AKADEMIS 2013/2014 (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bag.lampiran.pdf

Download (961kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi terhadap keberhasilan belajar akademik mahasiswa yaitu variabel motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar (studi kasus pada Universitas MuhammadiyahPonorogo). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa progam studi manajemen tahun akademis 2013/2014 pada Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang berjumlah 258 responden.Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t danuji f dan determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2,094+0,100 X1 + 0,197 X2, Hal ini dapat diartikan bahwa mahasiswa progam studi manajemen tahun akademis 2013/2014 tanpa didukung Motivasi berprestasi (konstanta), dan kebiasaan belajar (konstanta),yang besarnya 2,094. Setiap perubahan/peningkatan secara bersama antara variabel motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar akan menentukan tingkat keberhasilan belajar akademik mahasiswa progam studi manajemen tahun akademis 2013/2014, setiap adakenaikan satu poin pada variabel antara motivasi berprestasi berakibat naiknya skorvariabel keberhasilan sebesar 0,100 , dan setiap ada kenaikan variabel kebiasaan belajar berakibat naiknya skorvariabel keberhasilan sebesar 0,197. iv Hasil hipotesis 1 Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat dijelaskan bahwa analisis uji t untuk variabel X1 diperoleh sebesar 1,086 dan diketahui nilai t tabel sebesar 1,999. Maka t hitung (1,086) < t tabel (1,999) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidakada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap keberhasilan belajar. Hasil hipotesis 2 Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat dijelaskan bahwa analisis uji t untuk variabel X2 diperoleh sebesar 2,214 dan diketahui nilai t tabel sebesar 1,999. Maka t hitung2,214 > t tabel (1,999) sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara faktor sosial terhadap keputusan pembelian.Dari uji parsial dapat diketahui, bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap mahasiswa progam studi manajemen tahun akademis 2013/2014 adalah variabel kebiasaan belajar (x2) sebesar 2,214 dibandingkan dengan variabel motivasi berprestasi (x1) sebesar1,086. Hal tersebut menginformasikan bahwa kebiasaan belajar sangat berpotensi mempengaruhi keberhasilan belajar akademik. Berdasarkan perhitungan SPSS uji serempak diperoleh hasil F hitung sebesar 5,770 dan F tabel sebesar 3,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa F hitung> F tabel, yang berarti vaariabel motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:29
Last Modified: 28 Oct 2016 02:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item