EVITASARI, MAYA (2016) MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QURAN MELALUI KOLBORASI METODE DRIIL DAN LEARNING PARTNER DI KELAS VI SDN TEGALOMBO 1 PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran - lampiran.pdf Download (608kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Alquran, metode Drill dan metode Learning Partner Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan kualitas pembelajara Alquran dengan diterapkannya metode drill dan learning partner secara kolaboratif? (b) Bagaimanakah pengaruh metode drill dan learning partner terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan kualitas belajar siswa setelah diterapkannya metode drill dan learning partner. (b) Ingin mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode drill dan learning partner. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan observasi, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI semester genap SDN Tegalombo 1 Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus I yaitu, siklus I 68,18% dan siklus II 86,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill dan learning partner dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VI semester genap SDN Tegalombo 1 Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2624 |
Actions (login required)
View Item |