PERAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) TERPADU AL MADINAH BALONG PONOROGO DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN FORMAL

TRIANTO, RUDI (2017) PERAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) TERPADU AL MADINAH BALONG PONOROGO DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN FORMAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Rudi Trianto. 2017. PERAN RA TERPADU AL MADINAH BALONG PONOROGO DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN FORMAL Kata Kunci: Peran dan Mempersiapkan Berbagai hasil penelitian menunjukkan usia dini merupakan masa peka yang sangat penting bagi pendidikan anak. Pada masa tersebut tempaan dapat memberikan bekas yang kuat dan tahan lama. Kesalahan menempa akan memberikan efek negatif jangka panjang yang sulit diperbaiki. Rousseau menggambarkan masa peka tersebut ibarat saat yang tepat bagi seorang tukang besi untuk menempa besi yang dipanaskan. Para penempa besi tahu benar kapan besi harus ditempa. Terlalu awal ditempa, besi sulit dibentuk dan dicetak. Sebaliknya, apabila terlambat menempa maka besi akan hancur. Saat yang paling baik bagi seorang anak untuk memperoleh pendidikan adalah pada usia dini. Oleh karena itu, usia dini (usia 0-8 tahun) juga disebut usia emas atau golden age. Dengan begitu untuk mengembangkan bangsa yang cerdas, beriman, bertakwa, serta berbudi luhur hendaklah dimulai dari PAUD. PAUD bertujuan membimbing dan mengembangkan potensi setiap anak agar dapat berkembang secara optimal sesuai tipe kecerdasannya dan RA Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo berperan aktif dalam mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan formal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran RA Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo dalam mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan formal. Obyek penilitian ini adalah seluruh komponen yang ada di RA Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkumpul terkait peran RA Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Peran dalam mengembangkan ranah kognitif, santri RA Terpadu Al Madinah telah mampu menguasai berbagai pengetahuan yaitu pengetahuan figuratif, pengetahuan operatif, pengetahuan temporal dan spasial, dan pengetahuan dan pengingatan memori. 2) Peran dalam mengembangkan ranah afektif, yaitu mencakup Aqidah, Ibadah, dan Akhlaq. 3) Peran dalam mengembangkan ranah psikomotorik, yaitu mencakup perkembangan motorik halus, perkembangan motorik kasar, dan ditunjang dengan peran RA Terpadu Al Madinah dalam menjaga kesehatan badan anak yaitu dengan menjaga kebersihan, memperhatikan makanan yang bergizi seimbang, baik dan halal serta pola makan sehat. Dengan berpijak data di atas program pembelajaran, sistem pengelolaan, dan standarisasi mutu RA Terpadu Al Madinah Ponorogo sudah baik termasuk kerjasama pihak sekolah dengan wali santri dalam mendidik santri juga sangat baik dengan diadakannya parenting. Akan lebih baik lagi program parenting dilaksanakan secara rutin semoga dengan kesabaran, ketulusan dan usaha maksimal Ustad dan Ustadzah Al Madinah bisa tetap istiqomah menjadi sekolah faforit, unggul, dan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:34
Last Modified: 06 Jul 2017 01:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item