PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO

FEBRIANDARI, HERDWI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Dari sepuluh kelas VII dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII H sebagai kelas kontrol dan kelas VII J sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi soal tes dengan indikator pemecahan masalah menurut Polya. Teknik analisis data untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa digunakan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII J yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya berbeda dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII H. Dari hasil analisis, nilai rata-rata kelas eksperimen nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa. Kata Kunci: CTL, Langkah-langkah Polya, soal cerita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:44
Last Modified: 12 Jul 2017 02:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item