NAFISA, MAJIDA (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SOOKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (994kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri dan pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa. Hal ini dapat dilihat tidak semua siswa aktif menanggapi penjelasan guru, hanya beberapa siswa saja yang memberikan pendapat dan bertanya jika siswa belum paham. Terdapat banyak siswa yang hanya memilih menyelesaikan beberapa soal yang mirip dengan contoh soal di buku dan yang telah diberikan guru. Banyak siswa kurang tertarik untuk mengerjakan soal cerita dan soal uraian, serta banyak siswa yang melihat jawaban siswa lain dan menyamakan jawabannya. Siswa tidak berani untuk menyampaikan jawaban di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sooko. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada kelas VIII C SMP Negeri 1 Sooko yang hanya terdiri dari satu kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama ada empat kali pertemuan dan siklus dua ada tiga kali pertemuan. Peneliti melakukan observasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Untuk mengukur kepercayaan diri siswa, peneliti menggunakan angket kepercayaan diri. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diukur menggunakan tes yang dilakukan pada awal siklus I, akhir siklus I, dan akhir siklus II. Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peneliti menggunakan lembar observasi. Lembar observasi ini terdiri dari lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Pada penelitian ini, analisis data bersifat kualitatif deskriptif berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa, angket kepercayaan diri, dan hasil tes pemahaman konsep. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah implementasi pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman konsep siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sooko. Hal ini dapat dilihat dari persentase kepercayaan diri dan pemahaman konsep siswa naik secara signifikan dari awal siklus I sampai akhir siklus II. Pada awal siklus I persentase kepercayaan diri siswa rata-ratanya 4.76%, pada akhir siklus I rata-ratanya 38.09%, dan pada akhir siklus II rata-ratanya 71.43%. Pada awal siklus I persentase pemahaman konsep siswa rata-ratanya 0%, pada akhir siklus I rata-ratanya 19.04%, dan pada akhir siklus II rata-ratanya 80.96%. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), kepercayaan diri, pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:56 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:56 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3103 |
Actions (login required)
View Item |