PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs SULAMUL HUDA

AWATISYAHARA, ROFIQOH (2017) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs SULAMUL HUDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model guided discovery learning, (2) mengetahui peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di MTs Sulamul Huda, (3) mengetahui implikasi keaktifan terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Sulamul Huda yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi keaktifan. Kemampuan pemahaman konsep diukur dari hasil tes akhir siklus setiap siswa, dan keaktifan siswa diukur dari lembar observasi. Analisis data hasil tes dan observasi pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan statistik sederhana yaitu mencari persentase dari nilai hasil tes dan observasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Sulamul Huda mengalami peningkatan setelah menerapkan model guided discovery learning. Berdasarkan hasil observasi, rata-rata persentase keaktifan siswa sebesar 66.5% dalam kategori cukup baik pada siklus I, dan 89.1% dalam kategori sangat baik pada siklus II. Artinya keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 22.6% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa, diperoleh rata-rata persentase pemahaman konsep siswa sebesar 69.3% pada siklus I dalam kategori cukup baik, dan 86.1% dalam kategori sangat baik pada siklus II. Artinya pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 16.8% dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Guided discovery learning, keaktifan, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:27
Last Modified: 26 Sep 2017 04:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item