MODEL PENDIDIKAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan Al-Hikmah Cabang Muhammdiyah Siman)

BUDIANTO, FARIS (2017) MODEL PENDIDIKAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan Al-Hikmah Cabang Muhammdiyah Siman). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DOKUMEN DAN DATA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Faris Budianto. 2017. MODEL PENDIDIKAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan Al-Hikmah Cabang Muhammadiyah Siman). Kata Kunci: Model Pendidikan dan Pembentukan Karakter. Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap individu sehingga dapat hidup secara optimal, baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari masyarakat, serta memiliki nilai–nilai moral dan sosial sebagai pedoman hidupnya. Dengan demikian pendidikan dipandang sebagai usaha sadar yang bertujuan dan usaha mendewasakan anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana model pendidikan panti asuhan Al-Hikmah dalam membentuk karakter anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait model pendidikan panti asuhan Al-Himah dalam membentuk karakter anak secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Panti Asuhan Al-Hikmah dalam membentuk karakter anak menggunakan tiga metode yaitu metode pembiasaan, metode bimbingan dan pendampingan, dan metode keteladanan. Dari ketiga metode tersebut di tuangkan dalam kegiatan diniyah sore hari, kegiatan harian yang sudah terjadwal termasuk pendisiplinan dalam melaksanakan sholat fardhu secara berjama’ah, dan kegiatan pengembangan antara lain: mukhadloroh,kajian buku, latihan beladiri tapak suci, olahraga senam dan badminton. Dalam penerapan dari metode dan kegiatan yang ada di panti asuhan Al-Hikmah menggunakan strategi yaitu: Motivasi pengurus, model belajar dengan tutor sebaya dan bimbingan musyrif senior, serta adanya tata tertib yang adadi panti asuhan Al-Hikmah yang mengikat untuk memperkuat dari seluruh rangkaian pendidikan yang ada di panti asuhan Al-Hikmah. Dengan berlandaskan data di atas, peneliti menyarankan kepada panti asuhan Al-Hikmah, pendidikan dan kegiatan yang sudah baik untuk terus di pertahankan dan di tingkatkan hasil yang sudah dicapai dalam membentuk karakter anak. Karena untuk mempersiapkan masa depan anak tidaklah mudah, perlu adanya perjuangan dan semangat yang terus dari para pengurus panti asuhan Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:55
Last Modified: 27 Sep 2017 04:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item