MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhuafa’ AR-Rohmah Joresan Mlarak Ponorogo)

KHAYATIN, SITI (2017) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhuafa’ AR-Rohmah Joresan Mlarak Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khayatinn.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah jalan untuk menanamkan nilai-nilai luhur Religiusitas guna menanamkan nilai Islam. Pendidikan adalah sarana mutlak untuk menemukan jati diri sebagai insan kamil. Tanpa pendidikan, maka seseorang tidak bernilai dan rugi. Segala permasalahan akan terselesaikan karena pemenuhan pendidikan yang efisien. Hal ini tidak terkecuali bagi anak-anak yang notabene di tinggal orangtuanya, baik karena meninggal dunia maupun anak dengan permasalahan broken home yang tinggal di asrama panti asuhan. Maka anak dengan permasalahan tersebut, butuh stimulasi untuk mendapatkan pengakuan juga untuk memenuhi kebutuhan mutlak, yaitu pemenuhan pendidikan. Salah satunya yaitu pemenuhan kebutuhan di lembaga sosial panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di panti asuhan yatimn piatu dan Dhuafa’ Ar-Rohmah Joresan Mlarak Ponorogo, 2)Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3)Untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung dalam memberikan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak panti. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis, dengan alur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa panti asuhan yatim piatu dan Dhuafa’ Ar-Romah Joresan Mlarak menerapkan tiga macam model pembelajaran, yaitu model pembelajaran diskusi kelas, langsung dan Demonstrasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang masih kurang lengkap serta kurangnya tenaga pengasuh. Keberhasilan model pembelajaran pendidikan agama Islam di panti asuhan Ar-Rohmah bahwasanya, Perubahan perilaku anak yaitu menjadi pribadi mandiri, tepat waktu dalam beribadah. Saran penulis dari sehubungan dengan penelitian, diharapkan pengurus dapat segera melengkapi sarana dan prasarana serta supaya segera mencari tambahan tenaga pengasuh sehari-hari, dan untuk peneliti selanjutnya, agar meneliti lebih dalam lagi dan lebih luas cakupanya dari penelitian ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:10
Last Modified: 02 Oct 2017 06:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item