PERAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO)

WINURSITO, YEKTI (2017) PERAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN'.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Karakter Santriwati Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui peran pendidikan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo dalam membentuk Karakter santriwati; (2) Mengetahui implementasi nilai-nilai karakter santriwati di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo, khususnya pada santriwati. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek penelitian dilakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru PPKn, guru Aqidah Akhlaq serta santriwati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) ) Peran lembaga pendidikan pondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo dalam membentuk karakter santriwati, dengan adanya manajemen pengelolaan pendidikan karakter menyediakan sarana dan prasarana pendukung di MTs berupa program madrasah lingkungan Pondok yang kondusif dan di MA berupa sarana prasarana berupa semua siswa wajib mengikuti upacara, peran guru dalam pendidikan karakter menggunakan media, strategi dan metode pembelajaran yang berbeda-beda antara satu guru dengan yang lain. Meskipun demikian semua guru memiliki tujuan sama yakni agar terlaksana pembelajaran efektif dan nilai-nilai pendidikan karakter diperoleh santriwati sehingga terjadi perubahan pada kedispinan dan rasa tanggungjawab santriwati; 2) Implementasi nilai-nilai karakter Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo dilakukan dengan adanya manajemen pengelolaan pendidikan karakter menyediakan sarana dan prasana pendukung di MTs berupa menyediakan perangkat pembelajaran di luar struktur kurikulum dan di MA berupa siswa harus mahir melaksanakan sholat wajib maupun sunnah, peran guru pendidikan karakter menggunakan media, strategi dan metode yang beraneka ragam guna untuk memudahkan diterima siswa, nilai-nilai pendidikan karakter yang di dapat santriwati berupa perubahan yang berlangsung secara bertahap. Selanjutnya partisipasi santriwati berupa mampu mengikuti semua kegiatan sekolah yang berbasis pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:57
Last Modified: 10 Oct 2017 02:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item View Item