PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

SEPTIANTO, ARFIAN (2018) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa berkepribadian ekstrovert, dan (2) mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa berkepribadian introvert. Ditinjau dari pendekatannya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sedangkan jenisnya termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas 8B SMP Negeri 2 Jenangan. Subjek penelitian yang dipilih berjumlah 6 siswa; 3 siswa yang cenderung berkepribadian ekstrovert dan 3 siswa yang cenderung berkepribadian introvert. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam memahami masalah, siswa yang cenderung berkepribadian ekstrovert mampu menuliskan data apa saja yang diberikan dan apa saja yang ditanyakan dalam masalah, sedangkan siswa yang cenderung berkepribadian introvert cenderung langsung menggunakan data yang diberikan dalam masalah untuk menjawab pertanyaan yang ada di dalam masalah; (2) dalam menyusun rencana, baik siswa ekstrovert maupun siswa introvert mampu menentukan konsep yang akan digunakan dalam pemecahan masalah; (3) dalam menjalankan rencana, siswa ekstrovert terkadang kurang konsisten dan kurang teliti, sedangkan siswa introvert lebih teliti dan hati-hati; (4) dalam melihat kembali, siswa ekstrovert cenderung tidak memeriksa kebenaran atas jawaban mereka, sedangkan siswa introvert mampu memeriksa kebenaran jawaban yang telah diperoleh. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Ekstrovert, Tipe Kepribadian Introvert

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:26
Last Modified: 19 Apr 2018 05:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item View Item