i PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII A MTS AL-ISLAM JORESAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FITRIYAH, ALVI NI’MATUL (2018) i PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII A MTS AL-ISLAM JORESAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (962kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran generatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar siswa pada siswa kelas VIII A MTs Al-Islam Joresan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek pada penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Al-Islam Joresan yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan tes formatif setiap akhir siklus. Dan pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi belajar siswa setiap pertemuan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penerapan ini dimulai dari guru memberi pengetahuan awal tentang konsep yang dipelajari, kemudian siswa mengemukakan pendapatnya di dalam diskusi kelompok. Kemudian tahap selanjutnya, siswa mempresentasikan konsep yang mereka dapatkan dalam diskusi, pada tahap ini masingmasing kelompok saling bertukar pikiran mengenai konsep mereka. Selain itu siswa diarahkan untuk mencari bukti konsep yang dipelajari dengan pendapat ahli. Tahap selanjutnya siswa menerapkan konsep yang dipelajarinya untuk menyelesaikan soal yang lebih komplek. Tahap terakhir mengingat kembali.(2) Penerapan model pembelajaran generatifdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penerapan ini yaitu siswa memperhatikan arahan guru, siswa mengutarakan pendapat di dalam kelompok maupun di depan kelas, siswa mengerjakan soal yang lebih rumit. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif. Pada siklus I persentasenya 48.14% dan siklus II sebesar 77.78% untuk pemahaman konsep siswa dan siklus I 44.23% dan siklus II 76.56% untuk aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran generatif, pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 14:36
Last Modified: 19 Apr 2018 14:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item View Item