LATHIFAH, MUJAHIDAH (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 PULUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
halaman depan.pdf Download (522kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Pulung, dan (2) peningkatan disposisi matematis siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Pulung setelah diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Pulung dengan jumlah 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket disposisi matematis siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini minimal 80% dari keseluruhan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Pulung berada pada kriteria disposisi matematis tinggi setelah pembelajaran matematika menggunakan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa berada pada kriteria baik. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa yaitu mengembangkan pemikiran siswa, memberikan kesempatan bertanya, pemberian scaffolding, belajar dalam kelompok, presentasi, menghadirkan ilustrasi, dan refleksi pembelajaran. Selain itu pemberian reward, ice breaking dan pengadaan kuis membantu meningkatkan disposisi matematis siswa. Hasil angket disposisi matematis sebelum tindakan menunjukkan jumlah siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi adalah 18%. Setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siklus I, persentase meningkat menjadi 54%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II persentase jumlah siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi 89%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa pada siklus I dan siklus II berada pada kriteria baik. Kata Kunci: Disposisi matematis, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4290 |
Actions (login required)
View Item |