ANITA, RAHMAWATI LESTARI (2018) PENANAMAN NILAI DISIPLIN PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (624kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN_0.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Pelaksanaan, Penanaman Nilai, Disiplin Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia. Pendidikan tidak hanya menjadikan seseorang cerdas secara intelektual, namun juga memiliki akhlak atau perilaku yang baik, salah satunya memiliki perilaku yang baik dalam hal disiplin. Disiplin dilaksanakan di berbagai lingkungan. Termasuk disiplin di lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah adakalanya siswa masih melanggar peraturan dan ada juga yang selalu mengikuti peraturan. Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, Peraturan disiplin siswa menggunakan acuan tata tertib peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai disiplin pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk nilai disiplin pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dengan narasumber yaitu kepala sekolah, guru BK, wali kelas, guru piket, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian Penanaman nilai disiplin di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo ini yaitu pelaksanaan penanaman nilai disiplin di SMA Muhamamadiyah 1 Ponorogo sudah berjalan dengan baik. Siswa banyak yang menaati peraturan. Penanaman nilai disiplin pada rutinitas sehari-hari melalui kegiatan piket simpatik dari guru dan siswa, program penguatan karakter, sholat berjamah, melalui ketauladanan, dan apabila ada pelanggaran diberikan peringatan dan sanksi berdasar peraturan. Strategi yang digunakan selanjutnya dalam menanamkan disiplin yaitu dengan bimbingan dan konseling, dialog. Faktor-faktor yang membentuk disiplin pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, faktor yang mempengaruhi atau kendala yang dihadapi yaitu ada beberapa hal. Mulai dari segi kesadaran siswa dalam disiplin, semangat siswa, ketauladanan dari warga sekolah atau bapak ibu guru yang menjadi sosok panutan siswa, dan ketegasan setiap pelaku disiplin dan penegakkan peraturan yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 03:18 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 03:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4316 |
Actions (login required)
View Item |