Aji, Muhammat Irfan Bayu (2019) ANALISIS PERATURAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
cover-daftar lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB II new.pdf Download (563kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan peran peraturan sekolah dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) mendisikripsikan penerapan peraturan sekolah dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Studi Kasus. Lokasi penelitian yaitu SMK PGRI 2 Ponorogo yang beralamatkan di Jalan Soekarno-Hatta Desa Kertosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada guru BK, Wakil Kepala bidang Kesiswaan, pembina OSIS dan Taruna, ketua jurusan, wakil penjaminan mutu dan siswa yang mewakili setiap kelas. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah profil sekolah, tata tertib sekolah, serta berkas-berkas yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penyimpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan peraturan sekolah dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa sudah dilaksanakan dengan baik. Terbukti dengan perilaku siswa dalam mentaati peraturan sekolah, mengikuti kegiatan dengan tertib serta bisa menghargai waktu. Semua bisa menindak pelanggaran karena tidak ada petugas khusus. Hukuman diberikan secara langsung kepada pelanggar. Terdapat program pembinaan karakter seperti pondok pesantren, PBB dan pramuka. Pelaksanaan peraturan sekolah memiliki presentase ketaatan mencapai 90%. Sedangkan peran peraturan sekolah bukan hanya untuk membatasi perilaku siswa tetapi juga membentuk nilai-nilai karakter terutama karakter disiplin. Membentuk moral, mental dan fisik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Peraturan Sekolah, Karakter, Disiplin |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 01:55 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 01:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5523 |
Actions (login required)
View Item |