ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK

Nafidatul Mafirah, Wiwin (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan representasi visual siswa pada materi pengolahan data ditinjau dari gaya belajar visual, (2) mendeskripsikan kemampuan representasi visual siswa pada materi pengolahan data ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan (3) mendeskripsikan kemampuan representasi visual siswa pada materi pengolahan data ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 21 siswa kemudian digolongkan sesuai dengan masing-masing gaya belajarnya. Setelah itu dipilih 5 siswa dari masing-masing gaya belajar kemudian siswa tersebut diberikan soal tes kemampuan representasi visual. Setelah diberikan soal, kemudian diambil 2 orang siswa untuk dijadikan subjek dengan ketentuan memiliki komunikasi yang baik. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi visual dominan dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar visual. Siswa ini mampu menyampaikan idenya dengan menggunakan gambar misalnya histogram, diagram garis dan tabel. Dalam pengerjaannya siswa ini teliti dan detail pada pemberian judul serta identitas-identitas gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung kurang teliti dalam menggambar histogram, diagram garis dan tabel. Siswa dengan gaya belajar ini sering lalai dalam memberikan judul dan identitas-identitas pada gambar. Representasi visual siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung menggunakan kata-kata mengandung tindakan/aksi dalam menyelesaikan suatu masalah yang seharusnya menggunakan tabel atau diagram. Sebagai contoh siswa dengan gaya belajar ini sering menggunakan kata membuat, sangat dan menurut.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi Visual, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 23 May 2022 08:25
Last Modified: 24 May 2022 03:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6251

Actions (login required)

View Item View Item