Cahyono, Ruli (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
RULI CAHYONO (15150218). Peran Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo Tahun 2020/2021. Skripsi. 15150218 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pendidikan sangat dipercaya sebagai wujud sarana yang paling ampuh dalam memperbaiki Sumber Daya Manusia dan membentuk Karakter. Salah satunya yaitu karakter disiplin. Disiplin merupakan suatu kunci kemajuan dan kesuksesan dalam meraih sebuah kududukan, prestasi, harta maupun kemampuan yang lainnya. Seperti halnya yang sudah di implementasikan di SDMT yaitu Kepala Sekolah mampu memberikan contoh langsung kepada Ustadz/dzah dan karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengungkap peran kepala sekolah sebagai leader (pemimpin) dalam membentuk karakter disiplin guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. (2) Mengungkap peran kepala sekolah sebagai supervisor (pengawas) dalam membentuk karakter disiplin guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. (3) Mengungkap peran kepala sekolah sebagai motivator (motivasi) dalam membentuk karakter disiplin guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, merupakan kajian dengan memberi batasan yang tegas terhadap suatu objek dan subjek penelitian tertentu, melalui pemusatan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci. Dengan demikian, peneliti berusaha untuk masuk dalam objek penelitian sehingga peneliti bisa mendapatkan data seakurat mungkin. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader (Pemimpin) dalam Membentuk Karakter Disiplin Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Kepala sekolah memberikan teladan atau contoh bagi gurunya. Selain itu kepala sekolah juga mengembangkan inovasi baru seperti halnya guru diberikan kelonggaran untuk memilih bekerja secara full time atau part time. (2) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor (Pemimpin) dalam Membentuk Karakter Disiplin Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo yaitu sebagai pengawas atau supervisi dalam membentuk karakter disiplin guru yaitu mengawasi pekerjaan para guru beserta stafnya. (3) Peran Kepala Sekolah sebagai Motivator (Motivasi) dalam Membentuk Karakter Disiplin Guru di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo Dalam hal ini berarti kepala sekolah harus memberikan dorongan, semangat supaya guru mau menjalankan kedisiplinan ketika menjalankan tugasnya. Berdasarkan data yang ada dilapangan, kepala sekolah selalu memberikan motivasi terhadap guru baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak hanya sekedar teori saja, tetapi dilakukan secara praktik
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membentuk Karakter, Disiplin Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:04 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:04 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6477 |
Actions (login required)
View Item |