Ayudya Sandi, Risma (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS SENI RUPA ANAK USIA DINI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Other (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.PDF Download (462kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Risma Ayudya Sandi. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd., Pembimbing 2 Betty Yulia Wulansari, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap kreativitas seni rupa anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi mencangkup semua anak usia dini di Desa Mategal yang mempunyai dua lembaga sekolah yaitu TK Widoro I dan TK Widoro II. Dari dua lembaga sekolah tersebut sekolah TK Widoro II yang digunakan peneliti sebagai sampel penelitian. Selanjutnya dalam satu sekolah yang berjumlah 24 siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 12 siswa dengan nama kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. kelompok kontrol tidak menggunakan media audio visual sedangkan kelompok eksperimen menggunkan media audio visual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah kuisioner sedangkan instrumen yang digunakan meliputi pre-test dan post-test. Teknik analisis data untuk melihat hasil perbandingan antara dua kelompok pada waktu pre-test dan post-test yaitu dengan uji paired sampel t-test, sedangkan untuk mengetahui hasil pernedaan antara kelompok kontrol yang tidak menggunakan audio visual dengan kelompok eksperimen menggunakan audio visual yaitu dengan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual berpengaruh terhadap kreativitas seni rupa anak usia dini. Hipotesis penelitian yang dapat diambil dalam penelitian ini ialah H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah media audio visual berpengaruh terhadap kreativitas seni rupa anak usia dini. Kata Kunci: Media Audio Visual, Kreativitas, Seni Rupa, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini Anak Usia Dini Media Media Audio Visual Audio Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 01:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7160 |
Actions (login required)
View Item |