Giyanto, Giyanto (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI HASAN MUNADI DESA KARANGAN KECAMATAN BADEGAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (222kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Giyanto. 2021. Strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MI Hasan Munadi Desa Karangan Kecamatan Badegan Ponorogo. Skripsi Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Happy Susanto, MA (II) Rohmadi, M.PI Kata Kunci: Strategi guru memotivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Hasan Munadi adalah merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang berada dibawah yayasan PPTQ Hasan Munadi. Siswa berada dimadrasah selama sehari penuh yaitu mulai pukul, 07.00 WIB. s/d pukul, 16.30 WIB. Dengan fasilitas terbatas namun MI Hasan Munadi memiliki banyak siswa, apa sebenarnya yang memotivasi! Kemudian apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambatnya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yang mengarah langsung pada lapangan. Dalam penelitian yang dilakukan, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga dapat memberikan jawaban atas srtategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MI Hasan Munadi Dessa Karangan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MI Hasan Munadi adalah guru mengajar selangkah demi selangkah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran terlebih dahulu sebelum pembelajaran dilaksanakan sebagaimana pada teori pembelajaran ekspositori. Kemudian guru memberikan stimulus kepada siswa untuk berfikir aktif melalui belajar berkelompok, berdiskusi, dalam mengembangkan pemikiran yang dimiliki siswa. hal ini sesuai dengan teori pembelajaran Heuristik. Selanjutnya guru mengaitkan pelajaran dengan pengalaman siswa, serta belajar memecahkan masalah. Sebagaimana pada teori reflektif. 2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hasan Munadi adalah (a) adanya kerjasama yang baik antara guru dan orangtua siswa, (b) kesiapan guru dalam mengajar. Sedangkan Faktor penghambat guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hasan Munadi diantaranya adalah (a) kurangnya sarana dan prasarana, (b) kejiwaan siswa yang belum matang atau masih berubah-ubah, (c) lingkungan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru memotivasi belajar siswa |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:23 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 03:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7933 |
Actions (login required)
View Item |