BENTUK KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN BUDI PEKERTI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KOTA MADIUN

Qurrota A’yun Rahma, Siti (2021) BENTUK KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN BUDI PEKERTI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 KOTA MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
MATERAI KARYA ILMIAH.pdf

Download (114kB)
[img] Text (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (597kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masa Remaja merupakan masa mencari jati diri maka dari itu penting sekali dalam menanamkan karakter religius dan budi pekerti karena kualitas suatu bangsa ditentukan oleh keduanya menjadikan bangsa dan negara sebagai bangsa yang bermartabat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menanamkan karakter religius orang tua dan guru di SMPN 1 Kota Madiun, (2) Bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan karakter religius dan budi pekerti peserta didik di SMPN 1 Kota Madiun, (3) Hasil kerjasama guru dan orang tua dalam menanamkan karakter religius dan budi pekerti peserta didik di SMPN 1 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi SMPN 1 kota Madiun. Subjek penelitian orang tua, guru dan siswa Hasil penelitian: (1). Orang tua dan guru dalam penanaman karakter religius dan budi pekerti peserta didik di SMPN 1 Kota Madiun diantaranya dengan program senyum sapa salam (3S), solat dhuhur berjamaah, solat jum’at berjamaah, infaq jum’at,asmaul husnah, pengumpulan uang bela sungkawa, berdoa sebelum dan sesudah belajar dan di dukung oleh pembentukan karakter religius di rumah dengan menjadikan orang tua sebagai teladan dalam setiap tingkah laku. (2) Bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk karakter religius dan budi pekerti peserta didik di SMPN 1 Kota Madiun yang sudah berjalan kegiatan pertemuan PPDB, surat menyurat, penerimaan rapot, home visit,perayaan ulang tahun sekolah, komite, parest day, parenting day dan dukungan program karakter religius dan budi pekerti (3) Hasil kerjasama guru dan orang tua dalam membentuk karakter religius dan budi pekerti peserta didik di SMPN 1 Madiun dapat dilakukan melalui pendekatan diantaranya pendekatan penanaman nilai, pendekatan moral kognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai didukung dengan orang tua senangtiasa membimbing anak sehingga menghasilkan anak yang berkarakter religius dan budi pekerti karena lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat berpengaruh dalam pembentukan karakter religius dan budi pekerti anak. Bedasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran : (1) Menjadikan program karakter religius dan budi pekerti sebagai pilar utama dalam membangun sekolah unggulan.(2) Meningkatkan karakter religius dan budi pekerti di lingkungan keluarga dan masyarakat.(3) Menjadikan karakter religius dan budi pekerti sebagai kebiasaan rutin di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Karakter Religius dan Budi Pekerti
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 23 Sep 2021 05:16
Last Modified: 08 Nov 2021 05:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item