Istiana, Nurul (2021) PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUKU AJAR PILAR KARAKTER DI RAUDHATUL ATHFAL 'AISYIYAH NGLAYANG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan karya ilmiah.pdf Download (204kB) |
|
Text (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (551kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PENUTUP.pdf Download (386kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Istiana 17340097 Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Dari Buku Ajar Pilar Karakter di Raudharul Athfal ‘Aisyiyah Nglayang. Skripsi Program S1 PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Muhibbudin Fadhli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penerapan Nilai Pendidikan Karakter dari Buku Ajar Pilar Karakter di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Nglayang. Subjek Penelitian ini adalah 14 anak usia dini pada kelas A. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai pendidikan karakter dari buku ajar pilar karakter di RA ‘Aisyiyah Nglayang yaitu: Jadwal pilar karakter dilaksanakan rutin setiap hari sesuai RPPH, penerapan nilai karakter secara daring berupa laporan foto kegiatan tentang pendidikan karakter di rumah. Melalui kegiatan pembelajaran buku pilar karakter peserta didik dapat membedakan nilai-nilai pendidikan karakter baik dan tidak baik melalui gambar buku ajar pilar karakter, sehingga peserta didik di RA ‘Aisyiyah Nglayang menjadi lebih mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Salah satu upaya guru untuk mengatasi anak yang belum fokus dalam pembelajaran pilar karakter yaitu dengan menerapkan karakter pendengar yang baik, sehingga anak akan kembali fokus mendengarkan guru dengan yel-yel pendengar yang baik. Tujuan pembelajaran dari buku ajar pilar karakter untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik dan dapat menjadi contoh untuk siswa. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Buku Ajar Pilar Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Buku Ajar Pilar Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:39 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8101 |
Actions (login required)
View Item |