Pembelajaran Matematika Berbasis Growth Mindset Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Terhadap Matematika Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo

WAHID, KHAIRUL (2021) Pembelajaran Matematika Berbasis Growth Mindset Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Terhadap Matematika Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (287kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (718kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (607kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

KHAIRUL WAHID: Pembelajaran Matematika Berbasis Growth Mindset Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Terhadap Matematika Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika berbasis growth mindset untuk menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo. (2) Mengetahui penurunan kecemasan siswa terhadap matematika setelah diterapkan pembelajaran matematika berbasis growth mindset pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Thoriqul Huda Ponorogo yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket kecemasan matematika siswa, wawancara dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerapan metode pembelajaran matematika berbasis growth mindset dapat menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika. Persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran guru siklus I dan II secara berturut-turut adalah sebesar 82,5% dan 95% dimana keduanya telah mencapai kriteria baik. Begitu pula dengan persentase rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran siswa siklus I dan II yang telah mencapai kriteria cukup dan baik , yaitu secara berturut-turut sebesar 80,62% dan 93,75%. Dari hasil analisis angket persentase tingkat kecemasan matematika mengalami penurunan menuju kecemasan rendah pada tiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh kecemasan matematika tingkat rendah sebesar 18,75% atau 3 siswa, kecemasan matematika tingkat sedang 43,75% atau 7 siswa, dan kecemasan matematika tingkat tinggi 37,5% atau 6 siswa. Pada siklus I kecemasan matematika tingkat rendah mengalami kenaikan yaitu menjadi 31,25% atau 5 siswa, kemudian kecemasan matematika tingkat sedang yaitu 43,75% atau 7 siswa, sedangkan kecemasan matematika tingkat tinggi mengalami penurunan yaitu yaitu 25% atau 4 siswa. Pada siklus II kecemasan tingkat rendah mencapai 56.25% atau 9 siswa, kecemasan matematika tingkat sedang 43,75% atau 6 siswa, dan kecemasan matematika tingkat tinggi mengalami penurunan drastis menjadi yaitu 6.25% atau 1 siswa. Data ini diperoleh berdasarkan angket kecemasan matematika. Kata Kunci : Metode pembelajaran matematika berbasis growth mindset, kecemasan matematika

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran matematika berbasis growth mindset, kecemasan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:53
Last Modified: 12 Nov 2021 02:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item