ANALISIS STRATEGI BRANDING DESA WISATA GUNUNGSARI KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN DALAM MEWUJUDKAN KAMPUNG BUDAYA BERBASISKAN BUDAYA JAWA

Setiawan, Denny (2021) ANALISIS STRATEGI BRANDING DESA WISATA GUNUNGSARI KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN DALAM MEWUJUDKAN KAMPUNG BUDAYA BERBASISKAN BUDAYA JAWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara geografis Desa Gunungsari tidak memiliki potensi alam yang diunggulkan melainkan hanya areal persawahan. Berangkat dari terbentuknya Pokdarwis Setopuro yang akhirnya mewujudkan Desa Gunungsari menjadi sebuah desa wisata budaya berbasiskan budaya Jawa. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan memajukan desa melalui kebudayaan yang menjadi tonggak utama dalam pengembangan potensi desa di sektor pariwisata. Berbagai strategi terus dilakukan hingga Desa Wisata Gunungsari dikenal dengan sebutan Kampung Budaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Brand Expression dari Sicco Van Gelder, meliputi 4 elemen brand yaitu brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Peneliti memperoleh data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 elemen brand expression terdapat 2 brand yang menurut peneliti dalam pelaksanaannya belum maksimal, yaitu brand positioning dan brand communication. Dikarenakan terdapat intervensi dari pihak internal desa yang menimbulkan kontradiksi antara Pokdarwis Setopuro dengan Pemerintah Desa Gunungsari.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Branding, Desa Wisata
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:38
Last Modified: 02 Dec 2021 02:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item