IMPLEMENTASI PEMBELAJARA N PENDIDIKA N AGAMA ISLAM BERB ANTUAN MEDIA SOSIAL WHATS APP SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 4 BALONG PONOROGO

Karyoto, Karyoto (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARA N PENDIDIKA N AGAMA ISLAM BERB ANTUAN MEDIA SOSIAL WHATS APP SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 4 BALONG PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Image
12. unggah karya ilmiah mahasiswa.jpg

Download (130kB) | Preview
[img] Text
1. halaman depn.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. bab 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
3. bab 2.pdf

Download (612kB)
[img] Text
4. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
5. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
6. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
7. daftar pustaka.pdf

Download (321kB)
[img] Text
8. lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam, merupakan sebuah proses pembelajaran yang penting yang harus diselenggarakan di lembaga pendidikan formal maupun non-formal. Hal ini dikarenakan di dalam kegiatan pembelajaran ini berupaya untuk menyiapkan peserta didik yang mendasarkan seluruh aktivitasnya berdasarkan kepada Al-Qur'an dan Al-Hadist. Di dalam proses pembelajaran ini tidak hanya menekankan pada aspek materi pelajaran saja, akan tetapi juga menyangkut aspek kegiatan praktik dan pembiasaan. SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo sebagai lembaga pendidikan yang mengusung pondok pesantren sebagai program unggulan sekolah. Ketika dihadapkan dengan bencana nasional berupa pandemi Covid-19 menginstruksikan agar kegiatan pembelajaran di sekolah dilakukan melalui media sosial WA sebagai media bantu pembelajaran. Tentu hal ini menjadi sebuah kemenarikan tersendiri untuk diangkat ke dalam sebuah penelitian karya ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk megungkap keefektifan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbantuan media sosial Whats App selama masa pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo.Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berjenis studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah 1 ). kefektifanPerencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbantuan media sosial Whats App selama masa pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo telah direncanakan melalui prinsip-prinsip perencanaan yang sistematik guna memudahkan proses koordinasi seluruh warga sekolah.. 2). Keefektifan Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbantuan media sosial Whats App selama masa pandemi Covid- 19 di SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo telah melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dan,proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan teori Howard L Kingsley. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode khiwar, ibrah, dan 'mauizah, serta metode pembiasaan. 3). Penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbantuan media sosial Whats App telah dilakukan oleh guru dengan mengacu pada aspek pengetahun, sikap dan keterampilan. Yang juga dilakukan berdasarkan prinsip, dan tujuan dilakukannya sebuah penilaian. Saran; 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam perlu mempertimbangkan media online lainnya seperti e-learning, google classroom. 2).Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam juga perlu untuk menggunakan metode keteladanan. 3). Keefektifan Penilaian pembelajaran telah dilakukan oleh guru, dan didasarkan pada tiga aspek penilaian yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian tersebut juga telah didasarkan pada konsep tujuan penilaian, dan juga prinsip-prinsip penilaian. Faktor penghambat ketika menghadapi materi pelajaran pendidikan agama Islam yang berkaitan dengan kegiatan praktik, dan ketermpilan Faktor pendukungnya adalah guru memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak memiliki HP andorid untuk dapat mengikuti pembelajaran luring dengan mengambil soal, dan materi pelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran Whats App, Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Dec 2021 06:42
Last Modified: 07 Dec 2021 06:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item