PENGARUH MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 KOTA MADIUN

rohmah, futihatur (2022) PENGARUH MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 KOTA MADIUN. PENGARUH MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 KOTA MADIUN. pp. 1-148.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAHAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (213kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
10. SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi secara global membuat pengaruh positif bagi dunia pendidikan. Media Kahoot merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online berbasis game. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media kahoot dan apakah ada pengaruh penggunaan media kahoot terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh media kuis berbasis kahoot terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan media kuis berbasis kahoot dan hasil belajar siswa dengan tanpa menggunakan media kuis berbasis kahoot dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Menggunakan desain penelitian Pretest dan Posttest equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Madiun yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa 246 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terpilih melalui purposive Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pada uji t diketahui rata-rata pre test 69,38 atau 69,38% setelah dilakukan post test 81,88 atau 81,88%, kemudian sehingga peningkatan hasil sebesar 12,5 atau 12,5% , dan berdasarkan hasil tes diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 70,16, sementara rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 81,88, sehingga dari analisis data akhir diperoleh thitung = 6,513, sedangkan ttabel = 1,697, karena thitung > ttabel maka signifikansi dan hipotesis yang diajukan dapat di terima dengan demikian, maka hasilnya dapat di kemukakan bahwa: “Adanya perbedaan hasil belajar anatara siswa yang menggunakan media kuis berbasis kahoot dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media kuis kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Madiun”

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Game Kahoot, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:34
Last Modified: 02 Sep 2022 02:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item