METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS IKLUSI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)

OKTAVIANI, DEWI (2022) METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS IKLUSI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SK DEWI_20220901_0001.pdf

Download (517kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan .pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI DEWI OKTAVIANI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dewi Oktaviani. 2022. Metode Pembelajaran Agama Islam (Studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponororgo), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammaiyah Ponorogo. Pembimbing : (i) Dr. Syarifan Nurjan, MA (II) Dr.Muh Tajab, MA Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran, Pendidikan Inklusi Pendidikan inklusi yaitu pendidikan yang didalamnya terdpat siswa yang berkebutuhan khusus (ABK) dan siswa normal (reguler) yang digabung dalam satu ruang dan belajar bersama sama dalam satu waktu.meskipun pendidikan inklusi ini sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia pendidikan akantetapi belum banyaksekolah yang menyelenggarakannya. Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Ponorogo yang didalamnya terdapat kelas inklusi, dimana pendidikan inklusi merupakan bagian dari pendidikan nasional. Dalam kelas inklusi guru dituntut untuk kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didiknya. Metode pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan supaya pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajran akan terwujud. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran pada kelas inklusi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorogo serta apa yang menjadi pendukung serta penghambat dalam pembelajaran di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana penelitian dilakukan secara mendalam melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model karya Miles dan Huberman,yaitu reduction, data display dan conclution drawing / verivication. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : metode Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : 1) Pendidikan Inklusi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Ponorgo sudah terselenggara dalam waktu yang relatif lama, sekolah ini merupakan penyelenggara pendidikan inklusi yang memiliki siswa inklusi dengan jenis disabilitas netra (tunanetra). 2)metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas inklusi diantaranya yaitu,(a) metode ceramah, (b) metode tanya jawab, (c) metode diskusi kelompok, (d) metode drill atau latihan, (e) metode demonstrasi. 3) Adapun faktor yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dikategorikan menjadi dua macam yaitu faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri pserta didik serta faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:22
Last Modified: 02 Sep 2022 08:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9989

Actions (login required)

View Item View Item