RETNANI, NOVY DWI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION ( LSQ ) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 3 PONOROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (779kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (149kB) |
||
Text
BAB 11.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (270kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (68kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (527kB) | Preview |
Abstract
Retnani, Novy Dwi. 2013.Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I:Drs.H.Sumaji, M.Pd Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Learning Starts With a Question. Permasalahan yang dihadapi kelas VIIIG SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 adalah pembelajaran cenderung pasif dan hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, tanpa ada kegiatan yang bisa mendukung siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran tersebut. Dari permasalahan tersebut diperlukan suatu alternatif pembelajaran yang membuat pembelajaran lebih efektif, efisien agar siswa menjadi aktif dan suka terhadap matematika, serta respon siswa terhadap pembelajaran menjadi baik sehingga aktivitasi belajar siswa bisa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Learning Starts With a Question, melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIIIG SMP Negeri 3 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 melalui model pembelajaran Learning Start With a Question. Adapun pelaksanaan tindakan dilakukan pada tanggal 25 Januari – 19 Februari 2013. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri empat fase, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek peseta penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Ponorogo Tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: Aktivitas belajar siswa juga meningkat pada mata pelajaran menentukan unsur-unsur,bagian serta ukurannya. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I memperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 62% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa secara klasikal memperoleh 77% . Saran yang dapat diajukan bagi peneliti yang mau mengadakan penelitian adalah peneliti harus mampu mengorganisasikan waktu dengan baik karena penerapan model pembelajaran Lerning starts with a Question memerlukan waktu panjang jika banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa dan siswa harus memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang didiskusikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 04 Apr 2014 02:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/101 |
Actions (login required)
View Item |