IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN DALAM KADERISASI PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Studi Multisitus di Muhammadiyah Boarding School Jetis Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek)

Anwar, Saiful (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN DALAM KADERISASI PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH (Studi Multisitus di Muhammadiyah Boarding School Jetis Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
0. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH_SAIFUL ANWAR_Materai+TTD-1.pdf

Download (113kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN_.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I_.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (618kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN_.pdf

Download (4MB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
9. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kurikulum pendidikan yang terus mengalami perkembangan, khususnya pada lembaga pendidikan berbasis asrama atau pesantren. Pesantren menerapkan sistem pendidikan terpadu, menggabungkan dua kurikulum dalam satu lembaga pendidikan. Dalam perjalanan waktu sistem pendidikan pesantren terus mengalami perubahan dan perkembangan mengikuti arus perkembangan zaman. Sehingga saat ini terdapat banyak jenis pesantren di Indonesia. Salah satunya adalah pesantren yang bernaung pada organisasi besar Muhammadiyah atau yang lebih dikenal dengan Muhammadiyah Boarding School (MBS). Pesantren ini termasuk kategori modern. Kurikulum pendidikan di Muhammadiyah Boarding School disamping secara umum menerapkan pembelajaran umum dan keilmuan agama, MBS merupakan sebagai wadah persyarikatan dalam menyiapkan kader organisasi yang akan melanjutkan kiprah dakwah Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana kurikulum pesantren MBS dalam kaderisasi persyarikatan Muhammadiyah, baik perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan studi multisitus. Lokasi penelitian: Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo dan Trenggalek. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penelitian rancangan studi multisitus yakni mengumpulkan data dari situs pertama dan kedua, melakukan studi lintas situs berdasar temuan berupa proposisi-proposisi dan dilanjutkan dengan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian: (1) Perencanaan kurikulum pesantren dalam kaderisasi persyarikatan Muhammadiyah di MBS Jetis Ponorogo dan MBS Trenggalek dilakukan secara matang. Perencanaan kurikulum tersebut meliputi perencanaan dasar atau landasan kurikulum, persiapan pendidik atau SDM, persiapan mata pelajaran dan program yang bertujuan membentuk kader persyarikatan; (2) Implementasi kurikulum pesantren dalam kaderisasi persyarikatan Muhammadiyah dilakukan dengan memberikan keilmuan tentang kemuhammadiyahan serta santri wajib mengikuti kegiatan organisasi diantaranya Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci (TS), dan Hizbul Wathan (HW), disamping itu para santri juga dibekali dengan melatih santri untuk berbaur dengan masyarakat dengan cara memberikan tugas dakwah atau menyatu dengan masyarakat khususnya di lingkungan masjid Muhammadiyah; (3) Evaluasi kurikulum pesantren dalam kaderisasi persyarikatan Muhammadiyah dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu evaluasi bulanan, semester dan tahunan. Evaluasi yang dilakukan mencangkup 3 kompetensi, kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Islamic Boarding School Curriculum, Muhammadiyah Boarding School (MBS), Organizational Cadre.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:37
Last Modified: 15 Sep 2022 06:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item