ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Wardani Cahyaning, Sayekti Pramuda (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (573kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

CAHYANING SAYEKTI PRAMUDA WARDANI: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi, Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022. Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah penyelidikan terhadap penyimpangan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan newman error analysis, yakni metode untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan newman error analysis yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Siman. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Sedangkan instrumen yang digunakan meliputi angket gaya belajar, soal tes tertulis, dan pedoman wawancara. Semua siswa kelas VIII C diberikan angket gaya belajar dan soal tes. Setelah diberikan angket gaya belajar dan soal tes, diambil 2 siswa dari masing-masing gaya belajar yakni siswa yang melakukan kesalahan berdasarkan newman error analysis serta pertimbangan/rekomendasi guru. Untuk selanjutnya enam siswa tersebut dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek visual melakukan kesalahan pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Subjek auditorial melakukan kesalahan pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Subjek kinestetik melakukan kesalahan pada tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Semua subjek melakukan banyak kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir, yakni salah dalam menemukan jawaban akhir, kurang tepat dalam menuliskan kesimpulan dari jawaban akhir yang diperoleh, dan tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban akhir yang diperoleh. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh subjek, yakni pada tahap membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Statistika, Newman Error Analysis, Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:26
Last Modified: 16 Sep 2022 06:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item