ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA KELAS XI MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL SATU VARIABEL

Marisa, M (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA KELAS XI MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL SATU VARIABEL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
scan persetujuan unggah.pdf

Download (734kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (686kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (847kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MARISA: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Kelas XI Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah Ponorogo ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah Ponorogo yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang telah diperoleh. Sampel yang diambil adalah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang dan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa laki-laki berbeda dengan siswa perempuan. Siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah yaitu mengidentifikasi unsur yang diketahui dan ditanya pada soal dengan tingkat kesulitan tinggi. Kemudian siswa perempuan kurang teliti dalam Menyusun model matematikanya, berbeda dengan siswa laki-laki yang menuliskan jawaban dengan singkat dan tepat. Selanjutnya pada tahap menyelesaikan model matematika, ditemukan bahwa siswa perempuan menulis jawaban dengan benar meskipun proses pengerjaannya salah berbeda dengan siswa laki-laki yang lebih yakin dan jelas dalam menuliskan jawabannya. Pada langkah terakhir untuk memeriksa kebenaran solusi, siswa laki-laki mampu memberikan jawaban yang benar namun sering mengosongi jawabannya jika terdapat kesulitan berbeda dengan siswa perempuan yang masih banyak terdapat kesalahan dan keragu-raguan sehingga jawaban yang diperoleh benar namun tidak melakukan langkah mengecek kembali. Sehingga dapat disimpulkan dari uraian diatas, siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki perbedaan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. Kata kunci: Pemecahan Masalah, gender, pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, gender, pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:44
Last Modified: 20 Sep 2022 03:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item