PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Aliffuadin, Muhamad, Wahyudi, Wahyudi and Avita Nurhidayah, Dwi (2022) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Alif.pdf

Download (301kB)
[img] Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (980kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (baba 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (bab4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (baba 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MUHAMAD ALIFFUADIN: Pengaruh Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Berpikir Kritis Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi Ponorogo: Progam Studi Pendidikan Matematika, universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2022 Kemampuan literasi matematika yang dimiliki sangat penting bagi siswa maupun mahasiswa dalam proses pembelajaran matematika membutuhkan keterampilan matematika untuk menyelesaikan masalah matematika dengan berpikir kritis yang memungkinkan siswa dengan kemampuan literasi matematika untuk berpikir secara inisiatif, kritis, kreatif, logis dan sistematis serta dapat secara efektif dalam membangun jaringan kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi matematika terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 4 Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Ponorogo pada tahun pembelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 4 Ponorogo yang diambil 10 siswa dengan rekomendasi guru pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemampuan literasi matematika terhadap berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di SMPN 4 Ponorogo dengan nilai sig 0,000 < 0,05 atau t_hitung > t_tabel H_0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika tinggi, juga memiliki tingkat berpikir kritis yang tinggi. Siswa yang dapat menyelesaikan soal kemampuan literasi matematika maka akan dapat menyelesaikan soal berpikir kritis matematika. Kata Kunci : Literasi Matematika, Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Times New Roman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:27
Last Modified: 20 Sep 2022 08:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item