WINARSIH, WINARSIH (2015) PENERAPAN ASAS-ASAS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII-D MTS NEGERI LEMBEYAN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
sampul_skripsi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAK_tugas_akhir_wiwin.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Asas-asas CTL, Sikap Terhadap Matematika, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran dengan menerapkan asas-asas CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan sikap terhadap matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D MTs Negeri Lembeyan Magetan. (2) Peningkatan sikap terhadap matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D MTs Negeri Lembeyan Magetan. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari metode (1) tes untuk mengetahui pengetahuan siswa (2) angket untuk mengetahui sikap terhadap matematika siswa (3) observasi untuk mengetahui sikap dan ketrampilan siswa di kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 4 tahap, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap terhadap matematika siswa meningkat ditunjukkan pada siklus 1 rata-rata sebesar 66,02% dan siklus 2 rata-rata sebesar 81,6%, mengalami peningkatan sebesar 15,58%. (2) Hasil belajar mengalami peningkatan ditunjukkan pada siklus penilaian aspek afektif 70,6%, kognitif 68,4 dan psikomotorik 59,1%. Hasil ketiga aspek tersebut pada siklus 2 diperoleh penilaian aspek afektif 85,4%, kognitif 81,7 dan psikomotorik 80,8%. Peningkatan aspek afektif sebesar 14,8%, kognitif sebesar 13,3%, dan psikomotorik sebesar 27,1%. Ketuntasan hasil belajar menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan presentase 72,3% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan presentase 27,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan asasasas CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan sikap terhadap matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D MTs Negeri Lembeyan Magetan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Apr 2015 02:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2015 02:57 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1035 |
Actions (login required)
View Item |