PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI HAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XB MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUTRISNO, EKO (2014) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI HAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XB MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 SAMPAI 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Sutrisno, Eko. 2014. Penerapan Metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi HAM Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XB MAN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I : Drs. Sariyono, M.Pd Pembimbing II : Drs. Mahmud Isro’I, M.Pd Kata Kunci : Metode Picture and picture dan Pemahaman siswa Metode Picture and picture digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa, karena metode ini merupakan strategi pembelajaran yang meggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Permasalahan yang ingin diselesaikan melelui penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Picture and picture meningkatkan pemahaman siswa kelas XB MAN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 November 2013 – 9 Desember 2013 di MAN 2 Ponorogo dengan subjek penelitian siswa kelas XB semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengamatan dan tes. Data yang akan dicari berupa pengamatan siswa terdiri dari pengamatan sikap dan pengamatan kegiataan kelompok serta tes hasil belajar siswa . Berdasarkan pengamatan pembelajaran guru dan observer metode ini mampu membuat siswa lebih aktif dan juga pemahaman siswa lebih baik, siswa tidak lagi bosan, mengantuk dan juga berbicara sendiri didalam kelas dikarenakan siswa mendapatkan metode pembelajaran yang baru yaitu menggunakan metode Picture and picture dengan media gambar dan proyektor, siswa-siswi dibuat aktif didalam proses pembelajaran yaitu guru menampilkan gambar pada proyektor dan mengajak siswa–siswi terlibat aktif memberi komentar pada setiap gambar yang ditayangkan pada proyrektor. Penerapan metode Picture and picture dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas XB MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan pada siklus I hasil nilai tes belajar siswa memperoleh rata – rata nilai 73,3. Dan siswa yang memperoleh nilai < 75 sebanyak 17 siswa yang termasuk belum memenuhi ketuntasan, siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 21 siswa yang sudah memenuhi ketuntasan. Maka jika diprosentasi siswa yang memenuhi ketuntasan adalah 55,26 % siswa, sedangkan 44,73 % lainnya belum memenuhi ketuntasan. Pada siklus II kedua nilai tes belajar siswa memperoleh rata – rata nilai 82,1, siswa yang memperoleh nilai < 75 sebanyak 3 siswa yang termasuk belum memenuhi ketuntasan, sedangkan siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 35 siswa yang sudah memenuhi ketuntasan. Maka jika diprosentasi siswa yang memenuhi ketuntasan adalah 92,10 % siswa, sedangkan 7,89 % lainnya belum memenuhi ketuntasan. Berarti penerapan metode pembelajaran ix picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa pada siswa kelas XB MAN 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 04 Apr 2014 02:32
Last Modified: 04 Apr 2014 02:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item