RAHAYU SUSANTI, ETI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM THORIQUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Negara. Usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini perana guru dalam pembelajaran sangatlah penting, sehingga aktivitas siswa kurang maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Thoriqul Huda tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 26 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem posing dalam usaha meningkatkan aktivitas siswa kelas VII SMP Islam Thoriqul Huda dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan aktifitas siswa. Solusi yang di gunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan pembelajaran problem posing menggunakan pendekatan scientific. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Islam Thoriqul Huda pada kelas VII jumlah siswa ada 26 dengan 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini mengacu pada rancangan Kemmis dan Taggart yaitu terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Instrumen pelaksanaan pembelajaran yang digunakan penelitian meliputi RPP, LKS dan lembar aktivitas siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian baik siklus I maupun siklus II sudah di validasi, dan semua dinyatakan valid. Hasil penelitian aktivitas untuk siklus I menunjukan total keseluruhan sebesar 2,00 dengan katagori cukup dengan rincian empat indikator pada ayo mengamati 1,8, ayo menanya 2,1, ayo mengasosiasikan dan menggali informasi 2,4, ayo mengkomunikasikan 1,7. Pada aktivitas siswa siklus I belum bisa berjalan baik dan lacar karena peserta didik belum sepenuhnya terlibat dalam diskusi kelompok. Kemudian pada siklus II hasil penelitian menunjukan total keseluruhan sebesar 3,15 dengan katagori baik dengan rincian ayo mengamati 3,3, ayo menanya 3,1, ayo mengasosiasikan dan menggaliinformasi 3,2, dan ayo mengkomunikasikan 3,0. Dalam pembelajaran problem posing dengan pendekatan scintific pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan. Sehingga siswa terlibat aktif dan banyak mengeluarkan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model Problem Posing dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran matematika sub pokok bahasan himpunan kelas VII SMP Islam Thoriqul Huda Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: ProblemPosing, Aktivitas Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 05:38 |
Last Modified: | 14 Apr 2015 05:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
View Item |