UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII MTS.HUDATUL MUNA JENES TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ASIATI, WAHYU (2015) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII MTS.HUDATUL MUNA JENES TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Efektivitas Belajar Salah satu penyebab kurangnya efektivitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs.Hudatul Muna Jenes Tahun Pelajaran 2014 / 2015 adalah terletak pada proses pembelajaran matematika yang masih sering ditemui adanya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih berorientasi pada guru, guru kurang mengaktifkan siswa pada pembelajaran. Akibatnya siswa tidak terampil dalam menyelesaikan soal – soal latihan, kurang terlatih dalam mengembangkan ide – idenya, kurang berani dalam mengungkapkan pendapatnya dan cenderung pasif. Dengan demikian efektivitas belajar matematika menjadi kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar, aktiitas belajar matematika, efektifitas pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran ,memggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada siswa kelas VIII MTs.Hudatul Muna Jenes Ponorogo tahun pelajaran 2014 / 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs.Hudatul Muna Jenes Ponorogo tahun pelajaran 2014 / 2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Penemuan Terbimbing pada siswa kelas VIII MTs.Hudatul Muna Jenes Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015 meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus 1 nilai rata – ratanya mencapai 68,5 dengan persentase siswa telah tuntas belajar mencapai 60% dan pada siklus II nilai rata – ratanya mencapai 76 dengan persentase siswa telah tuntas belajar mencapai 80%, serta siklus III nilai rata – ratanya 78 dengan persentase siswa telah tuntas belajar 85%. Efektivitas kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing yang dilihat dari nilai rata – rata siklus I mencapai 2,69 sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata – rata mencapai 3,06, serta pada siklus III mencapai 3,06. Efektivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran pada siklus I, siklus II, dan siklus III mencapai kriteria baik.Untuk melaksanakan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing memerlukan persiapan yang cukup matang agar dalam pelaksanaan penelitian proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat memperoleh hasil yang dikehendaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Apr 2015 02:42
Last Modified: 15 Apr 2015 02:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item