KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN SERTIPIKAT HAK MILIK (SHM) DI KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG ATAU BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PONOROGO

NURCAHYONO, SIGIT (2015) KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN SERTIPIKAT HAK MILIK (SHM) DI KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG ATAU BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

. Sertipikat hak milik atau sertipikat tanah merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang khususnya pada orang yang mempunyai tanah, karena dengan mempunyai sertipikat tanah maka secara yuridis tanah bisa dimiliki dengan sepenuhnya dan dengan mempunyai sertipikat tanah maka akan sedikit mengurangi konflik agraria. Maka dalam hal ini peneliti tertarik untuk membahas kualitas pelayanan sertipikat hak milik di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ponorogo. Penelitian dilaksanakan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN Ponorogo dengan sumber data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk pengolahan data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan suatu gejala atau gambaran yang kompleks yang terjadi saat ini. Sumber dari penelitian ini adalah adalah kata-kata, tindakan dan selebihnya adalah dokumen-dokumen yang terkait dengan tema penelitian dan data dari penelitan ini dari berbagai sumber yang sesuai dengan tema penelitian. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kabupten Ponorogo belum baik itu terbukti masih ada pegawai yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan dan dalam pembuatan sertipikat pada pendaftaran tanah pertama masih lama. Untuk memaksimalkan kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ponorogo supaya dalam memberikan pelayanan sertipikat bisa cepat, penulis menyarankan ketika memberikan pelayanan harus sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditentukan dan benar – benar berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat. Kata kunci :Kualitas Pelayanan dan Sertipikat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 18 Apr 2015 02:42
Last Modified: 18 Apr 2015 02:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item