PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE “GALLERY WALK” PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF II PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

ADO’AT, SITI (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE “GALLERY WALK” PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF II PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode Gallery Walk, Keaktifan, Prestasi Belajar Tujuan dari penelitian ini (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII semester dua SMP Ma’arif II Ponorogo dengan menggunakan metode gallery walk pada materi segitiga dan segi empat. (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester dua SMP Ma’arif II Ponorogo dengan menggunakan metode gallery walk pada materi segitiga dan segi empat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes untuk mengetahui prestasi siswa setelah pembelajaran. Sedangkan keaktifan siswa diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I sebesar 37,59% menjadi 56,31% pada siklus II. Dengan menggunakan metode gallery walk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Ma’arif II Ponorogo pada materi segitiga dan segi empat, ditandai dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Ketuntasan siswa dalam belajar pada siklus I mencapai 38,89% menjadi 83,33% pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 44,44%. Rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 59,22 dan pada siklus II menjadi 77,89. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 termasuk dalam kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan metode gallery walk) sesuai dengan langkah-langkah yang diterapkan pada saat penelitian. Proses pembelajaran menjadi lebih aktif yang semula hanya guru yang mendominasi kelas, sekarang siswa sudah aktif belajar dan banyak melakukan aktivitas belajar sesuai indikator keaktifan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 02:28
Last Modified: 30 Oct 2015 02:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item